Guru Berprestasi Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Rabu, 07 Juli 2004 19:54
Selasa, 02 Mei 2006 Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei diperingati di tingkat Provinsi Gorontalo. Upacara dipusatkan di Perkemahan Agropolitan BongoHulawa Kabupaten Gorontalo dan bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Gubernur Gorontalo Ir. Gusnar Ismail, MM.
Mendiknas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wagub Ir. Gusnar Ismail, MM mengatakan Ki Hajar Dewantara yang merupakan salah seorang tokoh pembangunan pendidikan merupakan teladan bagi bangsa karena dalam perjalanan hidupnya sangat gigih berjuang untuk memajukan pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsanya. Proses pembangunan pendidikan kata Mendiknas bertujuan untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya yaitu mengembangkan seluruh potensi manusia melalui keseimbangan oleh hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga yang dilakukan seiring dengan pembangunan peradaban bangsa.

Lebih lanjut Mendiknas mengatakan pendidikan memiliki peranan strategis dalam pembangunan bangsa serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi social.

Selain itu pendidikan juga menciptakan masyarakat terpelajar yang menjadi prasyarat terbentuknya masyarakat yang maju, mandiri, demokratis, sejahtera, dan bebas dari kemiskinan.

Penyelenggaraaan reformasi pendidikan saat ini juga telah memiliki banyak landasan hukum, diantaranya UU nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan serta adanya UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Dalam peringatan Hardiknas kali ini, sejumlah sekolah memperoleh bantuan berupa subsidi pendidikan sejumlah total Rp 2.610.000.000 yang berasal dari dinas pendidikan Provinsi Gorontalo.

Selain sekolah, 2 orang guru atas nama Gamil Umar, Spd, Guru SDN 2 Hepuhulawa Kec. Limboto serta Salma Haji Ali, Spd, Guru SMP Widya Krama Kecamatan Telaga Biru juga memperoleh hadiah dari pemda Kabupaten Groontalo sebagai guru berprestasi berupa voucher haji.

Bupati Kabupaten Gorontalo Drs. David Bobihu Akib sebelum menyerahkan hadian mengatakan, Hardiknas kali ini, baru 2 guru yang memperoleh hadiah ONH.

Namun tahun depan , David berjanji ada 4 orang guru berprestasi yang akan menerima ONH dengan kategori 1 Guru TK, 1 guru SD, 1 guru SMP serta 1 guru SMU.

David menghimbau kepada seluruh guru agar terus berprestasi dan terus menumbuhkan disiplin dan kualitas anak didik untuk masa depan.

Peringatan hardiknas diakhiri dengan pertunjukan marching band serta peragaan keahlian sempoa oleh 3 orang siswa SD.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 17 Desember 2008 17:57